Jakarta, ibuwma.wapresri.go.id – Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) kembali membuktikan bahwa gotong royong menjadi kunci keberhasilan dalam setiap kegiatannya. Rangkaian perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-44 Dekranas yang dimulai sejak Maret 2024 hingga puncak acaranya digelar di Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah pada 15-18 Mei 2024 menjadi bukti nyata dari kekuatan kerja sama dan semangat gotong royong.

Parade Mobil Hias dan Budaya yang digelar di Jalan Slamet Riyadi, Surakarta pada Rabu (15/05/2024) sebagai bagian dari puncak acara tersebut, bahkan dapat memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan jumlah peserta terbanyak. Parade ini dimeriahkan oleh 1.250 pejalan kaki yang mengenakan pakaian adat masing- masing daerah dengan total 102 mobil hias, kriya dan budaya dari 38 provinsi di Indonesia.

Untuk itu, selaku Ketua Umum Dekranas, Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin memberikan apresiasi kerja bersama Dekranas Tingkat Pusat dan Daerah, khususnya Provinsi Jawa Tengah dan Kota Surakarta selaku tuan rumah.

“Keberhasilan kegiatan ini merupakan hasil kerja keras dari seluruh panitia dan semua pengurus Dekranas maupun Dekranasda. Hal ini menjadi bukti nyata dari kekuatan kerja sama dan semangat gotong royong yang selalu kita junjung,” tegasnya dalam acara Pembubaran Panitia HUT ke-44 Dekranas, di Auditorium Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres), Jakarta, Kamis (13/06/2024).

Lebih jauh, Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin meminta agar semangat tersebut untuk terus dipelihara dan dikembangkan dalam setiap kegiatan Dekranas ke depannya.

“Kita harus terus berinovasi dan bekerja keras untuk meningkatkan kualitas dan daya saing produk kerajinan Indonesia di kancah global,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin juga menekankan pentingnya komunikasi dan hubungan baik, diantara pengurus Dekranas dan para pihak yang terkait.

“Mari kita jaga komunikasi dan hubungan baik antara seluruh pengurus Dekranas maupun Dekranasda serta semua pihak terkait sehingga kita dapat terus bekerja sama untuk meraih tujuan bersama dalam upaya mencapai visi dan misi Dekranas menjadi lembaga yang andal dalam mendukung kemandirian ekonomi Indonesia,” ajaknya.

Menutup sambutannya, Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin berharap kepengurusan Dekranas yang baru dapat melanjutkan dan meningkatkan keberhasilan yang telah dicapai.

“Semoga ke depan kepengurusan Dekranas yang baru, nantinya dapat melanjutkan kerja baik ini dan bahkan bisa lebih baik lagi dalam mengangkat dan melestarikan warisan budaya bangsa,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Ibu Loemongga Agus Gumiwang melaporkan bahwa rangkaian acara peringatan HUT ke-44 Dekranas ini diisi dengan berbagai kegiatan, diantaranya syukuran, bazar, pelatihan dan pendampingan UMKM kriya, workshop, seminar, gelar wicara, dan juga pameran produk unggulan Dekranasda, sepanjang Maret hingga Mei 2024. Adapun pameran yang berlangsung pada puncak perayaan di Surakarta diikuti oleh 271 stan produk UMKM dan 51 stan kuliner Nusantara.

“Kita bersyukur bahwa pada acara puncak HUT ke-44 ini yang diresmikan oleh Ibu Negara Ibu Hj. Iriana Joko Widodo, pada tanggal 15 Mei 2024 yang lalu, di Kota Solo telah berjalan dengan baik dan lancar, mulai dari acara pembukaan hingga acara penutupan,” sebutnya.

Hadir dalam acara ini, Ketua Harian Dekranas Ibu Tri Tito Karnavian, perwakilan Pemerintah Kota Surakarta, dan segenap pengurus Dekranas Pusat. (RR/AS, BPMI – Setwapres)